Powered by Blogger.

Thursday 5 April 2012

Penyebab dan solusinya komputer bisa hang atau macet

Disaat kita asyik bermain komputer entah itu nge-Game atau nge-Net dan sebagainya tiba tiba komputer kita hang atau macet.. pastinya kita sebel banget kan ?? :D (seperti saya ini, hehe) lagi main PB tiba DC/BT , kadang langsung hang terpaksa dah di restart :D..
Salah satu masalah yang sering dihadapi para pengguna komputer adalah komputer hang atau macet, sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan komputer kita sering hang,  di antaranya berikut salah satu faktor komputer hang :



1. Faktor OS (Operating System)
OS yang rusak sering kali terjadi salah satu diataranya terinfeksi oleh virus yang ganas, keliru atau tidak sengaja menghapus file system atau Software yang terinstall tidak mendukung OS yang ada (Crash)

2. Faktor Memory (RAM)
Memory atau RAM sering juga menjadi masalah, kemungkinan kita menjalankan software atu program yang banyak dalam waktu yang bersamaan sehingga RAM maksimum terpakai dan tidak kuat untuk menjalankan sebuah program.

3. Faktor Hardisk
Hardisk baru juga tidak menjadi jaminan beres,  karena kualitas hardisk yang semakin buruk untuk pengecekannya bisa memakai software analisa Hardisk. Atau harddisk yang kita pakai adalah harddisk yang sudah tua dan cacat.

4. Faktor Power Supply
Power Supply juga bisa menjadi penyebab salah satu hang bisa karena usia yang sudah tua atau kualitas yang kurang bagus, untuk mengetahui bisa langsung mengecek di BIOS pada menu Hardware Monitor, kerusakan pada Power Supply bisa berimbas pada kerusakan Motherboard dan Hardisk

5.  Faktor Motherboard
Karena fungsi primernya sebagai induk komponen lainnya motherboard memegang peranan penting dalam proses komputer, kerusakan pada motherboard bisa berimbas pada kerusakan Processor, untuk mengetahui kondisi motherboard paling mudah kita lakukan cek visual atau melihat langsung pada tiap komponen yang ada misalnya Elco (electrolit Condensator) apakah menggelembung atau tidak, lalu komponen lainnya apakahada yang terbakar.

6. Faktor Debu dan Kotoran
Sering kali debu dan kotoran tidak pernah kita awasi mungkin karena bila debu dan kotoran ini sampai memenuhi komponen dalam PC maka akan terjadi overheat baik pada processor atau pun pada Power Supply yang berakibat pada kerusakan komponen tersebut.


1. Faktor OS (operting system)
Jika OS benar benar sudah rusak solusi satu satunya yaitu harus install ulang OS tersebut.
 
2. Faktor Memory (RAM)
- Jika Memory yang sedang kita pakai berkapasitas yang rendah lebih baik jangan menjalankan program atau software yang berkapasitas besar.
- Mengupgrade memory sehingga memory bekapasitas lebih besar dan mampu menjalankan sbuah program atau software yang banyak dalam waktu yang bersamaan dan komputer pun tidak terasa berat.

3. Faktor Harddisk
- jika hardisk sudah berumur, maka ada kemungkinan untuk bad sector, ini menyebabkan format partisi rawan untuk rusak. Unt(uk memperbaiki format partisi, lakukan perintah pada command prompt, ketik “chkdsk (drive mana) /f” yang mana /f berfungsi untuk men-fix kan format partisi harddisk. cat : perintah chkdsk ini tidak bisa memperbaiki bad sector, cuman bisa memperbaiki partisi format harddisk.

4. Faktor Power Supply
- Nah, ini lebih parah akibatnya jika power suply mengalami kerusakan yang lebih serius karena bisa berdampak kepada Motherboard dan Harddisk.. untuk solusinya mungkin kita terpaksa dech membeli Power suply yang baru.. :D

5. Faktor Motherboard
- sering sering lah mengecek motherboard apakah komponen kompnen di dalamnya mengalami kerusakan atau tidak.
- dan jangan lupa membersihkan motherboard dari debu dan kotoran.

6. Faktor Debu dan Kotoran
- sama seperti solusi no. 5, kita harus rutin membersihkan hardware-hardware dari debu dan kotoran.. yaach, berapa minggu sekali gitu lhoo.. :D
aboysaringilmu.blogspot.com (blog)
aboy_cs2@ymail.com (Facebook)
@aboy_krabat07 (twitter)


Comments
8 Comments

8 comments:

  1. wah, setuju banget dg yg disebutkan sob...

    tp yg sering terjadi pada orang2 sekitar ane adl gara2 debu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. iyahh sob ,, debu pengaruh bgt ..
      em' pake coolingped aja sob biar leptop jauh dari debu dan tetep setabil suhunya .. hihihi :D :D

      salam blogger :D :D

      Delete
  2. wah baru tahu sy mas, kalo debu juga berpengaruh. mau bersi'in laptop dulu mas :D
    *kalo kepanasan gmna mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp,, klw k'panasan masukin kulkas aje sobb .. hihi khidink :D
      baca aja artikel yg sbelum'y , ada kq d'situ :

      penyebab dan solusi laptop panas

      salam blogger :D :D

      Delete
    2. http://aboysaringilmu.blogspot.com/2012/03/penyebab-dan-solusi-laptop-panas.html

      Delete

Berilah Komentar, kritik atau saran ..
itu akan lebih berguna untuk kami :D
dan pastinya akan di tanggapi jika ada yang di tanyakan ☺☺☺
Follow >> @aboy_212