Powered by Blogger.

Wednesday 4 April 2012

Macam - Macam Versi Android dan Prinsip Pengembangan Android

Apa sajakah versi versi android tersebut? simak ulasannya di bawah ini :

Android v 1.1
Versi ini di rilis pada tanggal 9 Maret 2009 oleh google. Pada versi ini terdapat pembaruan berbagai aplikasi, seperti Alarm, mengirim pesan lewat e-mail(gmail), pemberitahuan e-mail, dan voice search

Android v 1.5 (Cupcake)
Versi yang di rilis pada Mei 2000 ini telah ditambahkan beberapa pembaruan dan penambahan fitur dari versi sebelumnya, seperti : Bluetooth A2DP, animasi layar, dapat otomatis terhubung dengan headset bluetooth.

Android v 1.6 (Donut)
Pada versi ini telah dibenamkan kemampuan pencarian yang lebih baik dari versi versi sebelumnya, tambahan fitur lainnya, Gestures, text to speech engine, dial contact. Versi ini di rilis pada september 2009


Android v 2.1 (Eclair)
Pada versi ini browsernya telah mendukung HTML5, adanya perubahan UI (User Interface), list contact yang baru, penambahan flash untuk kamera, Bluetooth 2.1. Android yang di rilis pada 3 desember 2009 ini juga dilengkapi dengan digital zoom pada kameranya


Android v 2.2 (Froyo)
Pada versi ini, user sudah dapat melakukan instalasi pada memori eksternal, adanya dukungan flash adobe, serta wi-fi hotspot. oh ya, froyo diluncurkan pada 20 mei 2010

Android v 2.3 (Gingerbread)
Tak lama berselang, google kembali merilis android terbarunya, yakni yang di beri nama Gingerbread pada 1 Desember 2010. Pada versi ini telah dilakukan peningkatan manajemen daya, kontrol via aplikasi, adanya penggunaan multi camera dll.

Android v 3.0 9 (Honeycomb)
Berbeda dengan versi versi sebelumnya, versi ini lebih diperuntukkan bagi untuk tablet PC, sehingga UI nya pun sedikit berbeda.




Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
 



Prinsip Pengembangan Android


kalo sebelumnya kita udah membahas mengenai berbagai versi android, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana prinsip prinsip pengembangan dari android itu sendiri.

1. Open Source (terbuka)
Berbeda dengan OS pada smartphone yang lainnya, android dibangun untuk menjadi terbuka, dan siapa saja dapat mengembangkan ponselnya menjadi sesuai kebutuhannya sendiri.

2. Semua Aplikasi Sama
Pada Android tidak dikenal yang namanya aplikasi initi(bawaan) atau pihak ketiga(yang diinstal kemudian). Baik aplikasi inti maupun pihak ketiga sama sama dapat memiliki akses yang sama ke sebuah ponsel.

3. Mendobrak Batasan Batasan Aplikasi
Android membuang berbagai hambatan untuk membangun aplikasi baru yang inovatif. Misalnya, seorang pengembang dapat menggabungkan informasi dari sebuah web dengan data individu dari ponsel. Dengan Android, pengembang juga dapat membangun app yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi dan terkoneksi dengan teman temannya.

4. Pengambangan App yang Cepat dan Mudah
Android menyediakan akses ke berbagai library dan tools yang dapat di gunakan untuk membangun app yang kaya.



No comments:

Post a Comment

Berilah Komentar, kritik atau saran ..
itu akan lebih berguna untuk kami :D
dan pastinya akan di tanggapi jika ada yang di tanyakan ☺☺☺
Follow >> @aboy_212