PEMROGRAMAN
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug),
dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini
ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman
adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan
atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk dapat
melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika,
bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain
seperti matematika.
Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu
atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah
bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer.
Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda
pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan
seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik
biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan
program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (running time), atau memori.
Bahasa Pemrograman
Perbedaan bahasa pemrograman dapat menjadi penyebab
perbedaan paradigma pemrograman. Pilihan bahasa pemrograman dipengaruhi
banyak alasan, seperti kecocokan dengan kriteria program dan jenis
aplikasi yang akan dibuat.
Beberapa bahasa pemrograman adalah:- Pascal
- Basic
- C atau C++
- Cobol
- Java
- Fortran
- Ada
- Clipper
Pemrograman Kompetitif
Pemrograman adalah bahan yang banyak digunakan di
berbagai kompetisi komputer di Indonesia maupun dunia. Di tingkat SMA,
contohnya, pemrograman dipertandingkan dalam Olimpiade Sains Nasional
setiap tahunnya. Ketigapuluh peraih medali di Olimpiade Sains Nasional
ini kemudian menjadi Tim Olimpiade Komputer Indonesia, dan menempuh
Pelatihan Nasional yang menyeleksi empat orang wakil untuk mengikuti
Olimpiade Sains Internasional bidang Informasi (International Olympiad in Informatics) yang diadakan setiap tahunnya.
Dalam rekayasa perangkat lunak, pemrograman
(pelaksanaan) dianggap sebagai salah satu tahap dalam proses
pengembangan perangkat lunak.
* Coding
* Kompilasi
* Dokumentasi
* Integrasi
* Pemeliharaan
* Persyaratan analisis
* Software arsitektur
* Software pengujian
* Spesifikasi
* Debugging
No comments:
Post a Comment
Berilah Komentar, kritik atau saran ..
itu akan lebih berguna untuk kami :D
dan pastinya akan di tanggapi jika ada yang di tanyakan ☺☺☺
Follow >> @aboy_212