Powered by Blogger.

Monday 23 April 2012

Bagian-Bagian Pada Komputer

PERSONAL KOMPUTER







Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

 

Perangkat keras (hardware)

Perangkat keras (hardware) adalah semua bagian fisik komputer.
  • Motherboard atau Mainboard, papan rangkaian electronic utama.
  • Processor atau CPU sebagai unit yang mengolah data.
  • Memori RAM, tempat menyimpan data sementara.
  • VGA , komponen yang tugasnya memberikan perintah kepada monitor.
  • Sound Card , komponen untuk mengeluarkan dan merekam suara.
  • Network Card , komponen untuk jaringan komputer.
  • Hard drive, media penyimpanan semi permanen.
  • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse dan keyboard.
  • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.

Perangkat lunak (software)

Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
  • Sistem operasi, adalah program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
  • Program komputer, adalah aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

Slot pada komputer

  • PDS (processor direct slot), slot untuk processor.
  • ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis.
  • AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis.
  • IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive
  • FDD, slot untuk floppy disk drive.
  • Slot USB (universal serial bus).

Motherboard atau Mainboard

Motherboard (mainboard), adalah sebuah papan rangkaian elektronik utama yang menjadi landasan dari komponen-konponen lainnya diantaranya processor, memori, video graphic adapter (VGA), soundcard dan lain-lain.

Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah perangkat keras komputer yang melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain dari CPU adalah processor (pengolah data).

Memory RAM (random access memory)

Memori fisik merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh processor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya bersifat media penyimpanan permanen berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali pada lain waktu.

VGA (video graphic adapter)

VGA adalah komponen yang tugasnya memberikan perintah kepada monitor untuk menampilan keluaran secara visual sehingga kita dapat melihat keluaran tersebut.

Sound Card

Sound Card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan dan merekam suara.

Network Interface Card atau Network Card

Network Interface Card disingkat NIC atau Network Card adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

Harddisk atau Harddisk drive

Harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang berupa piringan magnetis untuk menyimpan data. Data yang disimpan dalam harddisk atau harddisk drive tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk atau harddisk drive, biasanya terdapat lebih dari satu piringan magnetis untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini harddisk atau harddisk drive secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. harddisk atau harddisk drive kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB.

Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memberikan perintah dan memasukkan data ke dalam komputer . Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Keyboard

Keyboard adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
Keyboard juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

Monitor

Monitor adalah alat untuk menampilkan data (display) untuk memvisualisasikan program dan data yang digunakan sehingga kita dapat berinteraksi dengan komputer.

Printer

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik.
http://aboysaringilmu.blogspot.com


No comments:

Post a Comment

Berilah Komentar, kritik atau saran ..
itu akan lebih berguna untuk kami :D
dan pastinya akan di tanggapi jika ada yang di tanyakan ☺☺☺
Follow >> @aboy_212